https://anchor.fm/j-sudrijanta
Scheduled for May 18th, 2020 at 00.00 AM

Selamat datang di Rumah Keheningan

Lewat renungan, refleksi dan meditasi selama beberapa minggu ini, diharapkan, pertama, Anda sudah bangun, yang berarti hidup berkesadaran. Kedua, diharapkan Anda bisa melihat sendiri pohon keindahan dalam diri Anda tumbuh mekar. Dan Ketiga, diharapkan Anda tahu bagaimana hidup dan bertindak sehari-hari dari kejernihan, kedalaman dan kepenuhan hidup.

Apabila Anda sudah melakukan secara rutin yoga atau olah tubuh lainnya, meditasi, dan praktik berkolaborasi untuk membawa dunia ini kearah yang lebih baik, Anda telah melakukan praktik spiritual yang bukan hanya penting bagi pencerahan hidup Anda, tetapi juga bagi dunia.

Kita masuk sekarang pada episode terakhir dengan tema: The New Normal

(Bell)

Kehidupan pasca Covid-19 tidak akan pernah sama lagi dengan sebelumnya. Dulu apa yang kita anggap normal, sekarang ternyata tidak siap dalam menghadapi pandemi yang seperti ini. Kita musti terbuka untuk keadaan normal yang baru atau disebut the new normal. Ini berlaku di semua lini kehidupan. Kita akan menyaksikan tatanan baru dalam cara bekerja, berpolitik, menjalankan bisnis, menyelenggarakan pendidikan dan kesehatan, cara beragama, cara kita berelasi dengan alam, termasuk dalam kehidupan keluarga dan hidup pribadi.

The new normal sebenarnya sudah terjadi setiap saat dalam segala hal apabila kita sudah bangun secara spiritual.

Dalam setiap hal, selalu ada saat yang baru untuk yang pertama kali. Apapun yang kita lakukan, adalah selalu yang pertama kali.
Dalam meditasi Anda, coba lihat fakta ini. Setiap nafas selalu berbeda, tidak ada yang persis sama. Setiap nafas selalu yang pertama dan terakhir. Setiap langkah selalu berbeda; setiap langkah adalah langkah yang baru, selalu langkah yang pertama dan terakhir. Setiap pencecapan saat kita makan adalah selalu baru. Setiap kali meditasi selalu ada yang baru. Sebenarnya begitulah yang terjadi dengan semua pengalaman kita.

Mari kita jaga sikap ini sebagai latihan dalam hidup sehari-hari: Selalu ada untuk yang pertama kali. Setiap saat adalah yang pertama sekaligus terakhir. Setiap moment adalah moment yang segar dan baru.

Jika kita bisa memelihara sikap ini dalam semua hal yang kita lakukan, meskipun dilakukan berulang-ulang, kita akan melihat bahwa semua menjadi berbeda, semua adalah baru. Dengan begitu, hidup ini menjadi benar-benar terasa HIDUP. Bukankah ini yang kita rindukan, betul-betul hidup, fully alive?

Kedamaian dan kepenuhan hidup itu bukan tujuan hidup, tetapi tuntutan hidup kita sekarang. Jangan harap kalau Covid-19 sudah lenyap baru Anda damai. Kalau Anda damai dan bahagia dari dalam, tanpa dipengaruhi oleh situasi di luar, Anda bebas melakukan apapun tanpa rasa takut. Kedamaian adalah kesehatan Anda.

Hampir selalu kita mendekati hal-hal baru dengan instrument yang lama. Peristiwa selalu baru, pikiran selalu dari yang lama. Itulah mengapa kita perlu berlatih: bisakah pikiran berhenti ketika tidak sungguh diperlukan? Supaya apa? Supaya kita bisa menghadapi setiap peristiwa yang selalu baru dengan batin yang baru.

Kita punya kebiasaan bersikap lengah, sesuatu yang kita lakukan berulang-ulang bakalan terasa usang, terasa membosankan. Sikap lengah membuat kita lupa bahwa sebetulnya setiap tindakan yang kita lakukan adalah hal yang baru, selalu yang pertama sekaligus terakhir. Tidak ada dua hal yang sama-persis, karena setiap saat adalah saat yang baru.

Saya menyarankan pada Anda semua untuk mengambil sikap itu pada apapun yang Anda lakukan. Dan kedua, kembangkan sikap kelonggaran hati untuk menerima dan belajar hal-hal yang baru, termasuk the new normal yang dipercepat lajunya oleh Covid-19.

Hidup ini tiada putus-putusnya beranjak dari satu moment yang baru ke moment baru lainnya. Sehat atau sakit, usia tua atau muda, hidup atau mati hanyalah nama lain dari situasi baru yang terus berganti. Seperti roda yang terus bergerak, segalanya melaju dan terus berproses. Anda adalah bagian dari proses itu.

Nikmati setiap proses. Hasil apapun akan datang sebagai bonus.

Inilah saatnya kita perlu menjaga diri agar kita tetap hidup dan saling membantu untuk meringankan beban yang terasa lebih berat saat ini. Dan bagi Anda yang tidak mempunyai masalah dengan apa yang perlu Anda makan setiap hari, Anda bisa meningkatkan kualitas olah batin dan olah tubuh Anda.

Ini penting agar kita lebih siap untuk menari bersama gerak kehidupan yang baru dan selalu baru.

Peace and Blessings
(Bell)