Selamat datang di Rumah Keheningan

Setelah menyimak topik tentang Interbeing pada Interstisi 4, diharapkan Anda bisa lebih siap masuk pada Episode 6 yang berjudul Melihat dari Kacamata Interbeing.

Kesepiaan dan keterasingan eksistensial manusia begitu dalam. Cara berpikir dualistis paling bertanggung jawab atas penderitaan yang kita alami. Praktik berikut ini akan menolong kita untuk keluar dari jurang kesepian dan keterasingan, untuk bisa tersambung kembali dengan Ibu Bumi, Tuhan dan segala hal, selain terkoneksi kembali dengan hakikat diri kita sebagai makhluk interbeing.

Meditasi hari ini akan kita lakukan dengan cara menggabungkan meditasi berjalan atau disebut walking meditation dengan meditasi duduk. Kita hendak berlatih merealisasikan kenyataan dasar hidup kita bahwa kita selalu terhubung atau terkoneksi dengan segala hal. Kita akan berlatih melihat dalam-dalam, melihat dengan kesadaran murni, melampaui tabir pikiran.

  • Anda bisa mengambil tempat di halaman rumah atau lokasi di area rumah yang relative longgar. Apabila Anda mengambil tempat di luar rumah, temukan lokasi yang relative sepi sehingga tidak bertemu banyak gangguan kendaraan atau lalu-lalang orang. Yang penting Anda merasa aman dan nyaman.
  • Sebelum melangkah, mari kita berdiri tegak. Rasakan Ibu Bumi berada di bawah telapak kaki Anda, juga ada di dalam tubuh Anda. Anda adalah Ibu Bumi, Ibu Bumi adalah Anda. Rasakan soliditas Ibu Bumi tempat Anda berpijak. Biarkan soliditas Ibu Bumi menggetarkan soliditas tubuh dan batin Anda.
  • Kita lihat ke atas. Pintu langit terbuka untuk Anda. Rasakan getaran kemahaluasan langit di atas. Biarkan langit menggetarkan kemahaluasan ruang batin Anda.
  • Rasakan nafas Anda. Rasakan seolah bumi dan langit sedang bernafas untuk Anda dan Anda bernafas untuk bumi dan langit.
  • Setelah merasakan interkonseksi dengan bumi dan langit, silahkan mulai melangkah. Kita berjalan lebih pelan dari biasanya kita berjalan. Semakin pelan melangkah, semakin baik. Perhatian kita pada setiap langkah. Biarkan setiap langkah membawa Anda hadir secara penuh pada saat ini di sini.
  • Mari kita berjalan seolah-olah kita sedang mencium Ibu Bumi dengan telapak kaki kita. Rasakan sekarang seolah-olah Ibu Bumi sedang merasakan vibrasi tubuh dan batin Anda lewat telapak kaki Anda. Ibu Bumi adalah seperti sel tunggal dan Anda adalah salah satu bagian dari tubuh organiknya. Ibu Bumi ada di luar, juga ada di dalam. Anda adalah Ibu Bumi, Ibu Bumi adalah Anda.
    • Setiap kali Anda bisa berhenti sejenak. Rasakan interkoneksi Anda dengan Ibu Bumi. Rasakan dan sadari sensasi seluruh tubuh. Amati setiap perasaan atau pikiran. Rasakan seolah-olah Ibu Bumi sedang merasakan vibrasi tubuh Anda, perasaan dan pikiran Anda, dengan kesadaran murni yang Anda pakai untuk merasakan vibrasinya.
    • Anda bisa berhenti sejenak dan melihat lebih intens sekuntum bunga atau pohon di taman. Lihatlah awan yang bergerak melintasi bunga-bunga di taman. Tanpa awan, tidak ada hujan. Tanpa hujan, tidak ada tanaman yang menumbuhkan bunga. Maka di dalam keindahan bunga, ada awan, hujan, pekerja, sampah yang diolah menjadi pupuk, dan masih banyak elemen lain di luar bunga. Rasakan seolah-olah bunga di taman sedang memandang keindahan Anda dengan mata yang Anda pakai untuk memandangnya.
    • Setiap kali ada objek tertentu yang memanggil Anda untuk berhenti, berikan perhatian lebih intens dan lihatlah dari perspektif interbeing.
    • Disarankan Anda melakukan latihan ini lebih dari 15 menit.
    • Setelah Anda merasa cukup, kembalilah ke matras meditasi Anda dan lanjutkan dengan meditasi duduk.
    • Sekarang lihatlah tubuh dan batin Anda dari perspektif interbeing. Rasakan seolah alam semesta sedang memandang diri Anda dengan mata kesadaran murni yang Anda pakai untuk memandangnya. Alam semesta membantu Anda untuk melihat segala hal secara berbeda, baik hal-hal di dalam tubuh dan batin maupun hal-hal di luar Anda.
    • Anda bisa mengganti alam semesta dengan Tuhan, Krishna, Sang Buddha, Kristus, atau Pusat Keilahian di dalam, apabila itu bisa membantu Anda.
  • Lakukan latihan ini sebanyak dan selama Anda kehendaki.

Peace and Blessings

(Bell)