https://anchor.fm/j-sudrijanta
Scheduled for May 7th at 00.00 am

Mari kita bermeditasi.

Langkah 1:

Kali ini kita akan membuat langkah pemanasan dengan melakukan power breathing. Power Breathing adalah metode bernafas dengan relaif lebih cepat seperti kita membuang ingus. Duduklah dengan tegak dan relaks. Pejamkan mata pelan-pelan. Sekarang buang nafas seperti membuang ingus. Perhatian pada pembuangan nafas lewat hidung. Hiraukan tarikan nafas.

Tarik nafas yang panjang. Tahan nafas dengan relaks. Hembuskan nafas pelan-pelan. Kempiskan perut. Rasakan sensasi di sekitar tulang ekor.

Langkah 2:

Nafas biasa. Nafas masuk lewat hidung dan keluar lewat hidung. Hembusan nafas lebih panjang dari tarikan nafas. Rasakan dan sadari sensasi keseluruhan tubuh lewat kulit terluar Anda. Setiap kali menghembuskan nafas, Anda bisa mengempiskan perut dan relakskan tubuh, relakskan pikiran. Sadari kembali sensasi keseluruhan tubuh lewat kulit terluar Anda.

Langkah 3:

Sambil menyadari sensasi keseluruhan tubuh, realisasikan ruang kesadaran yang maha luas melampaui tubuh Anda. Ruang kesadaran ini melingkupi Anda dengan sempurna.

Anda juga bisa menyadari ruang di antara kedua alis mata. Rasakan ruang yang maha luas pada lapisan dalam. Realisasikan bahwa ruang kesadaran yang maha luas ini juga meresapi setiap sel, atom dan partikel yang membentuk tubuh Anda.

Sekarang lihatlah apa saja yang tertangkap kesadaran tanpa reaksi pikiran. Simaklah apa saja dari ruang kesadaran ini. Menyimak dengan cara demikian mempunyai efek luar biasa tanpa usaha pikiran.

Janganlah menamai atau melabeli. Janganlah berkomentar atau menanggapi. Janganlah menilai. Janganlah melawan atau menghindar. Itu semua adalah alih perhatian dari ruang kesadaran, alih perhatian dari jeda keheningan, alih perhatian dari sadar pasif-responsif. Cermati dan sadari setiap gerak alih perhatian ini.

Dengan bertahan pada ruang kesadaran yang mahaluas, tanpa reaksi apapun, terdapat energy yang membersihkan seluruh konflik dan kontradiksi dalam batin Anda.

Wujud tertinggi dari energi ini adalah keadaan batin yang di situ ia tidak mengenal fragmentasi, tidak memiliki emosi, tidak memiliki pikiran, tidak ada reaksi-reaksi mental. Ia adalah energi murni.

 

Kualitas energy ini tidak bisa dicari. Ia datang apabila pemborosan energy lewat konflik-konflik dan kontradiksi dikenali dan berakhir.

 

Peace and Blessings

(Bell)