https://anchor.fm/j-sudrijanta

Apa artinya hidup dari kedalaman? Hidup, bergerak dan ada tidak berpusat pada pikiran, rasa perasaan emosi dan reaksi-reaksi mental, tetapi dari Terang Kesadaran melampaui pikiran. Itulah kedalaman hidup.

Bagaiamana mengakses kedalaman hidup ?

Ada banyak hal yang kita lekati. Sebagian membuat kita kecanduan. Ada yang kecanduan kopi, rokok, alcohol atau gadget, game, internet. Tetapi ada satu hal yang jarang orang sadari, yaitu kecanduan pikiran.

Berapa kali Anda berpikir dalam sehari? Menurut berbagai penelitan, diperkirakan ada sekitar 50.000 sampai 70.000 pikiran dalam sehari. Itu artinya kita memproduksi sekitar 30-50 pikiran dalam satu menit.

Dari jumlah tersebut, 80% pikiran sibuk dengan masa lampau, membuat kita cemas dan gelisah. Sejumlah 15% sibuk dengan masa depan, membuat kita takut. Pikiran ini bersifat mengulang-ulang, cenderung negative, tidak bermanfaat, dan sia-sia. Hanya 5% yang kita pakai untuk berkomunikasi, untuk bekerja dengan keahlian yang kita pelajari dan untuk menyelesaikan hal-hal praktis sehari-hari.

Akurasi dan metode penelitian ini banyak diperdebatkan. Tetapi jelas bahwa batin kita pepat dengan pikiran. Hanya 20% atau kurang dari waktu yang kita miliki kita nikmati dengan damai. Selebihnya adalah cerita tentang pergulatan bersama pikiran.

Rasio ini bisa diubah lewat latihan. Secara bertahap Anda bisa lebih damai 30%, 50%, 80% atau lebih.

Kunci dari latihan-latihan kita adalah diam. Diam bukan berarti sekedar tidak berbicara, tetapi berhentinya pikiran ketika tidak sungguh diperlukan. Setiap kali kita perlu berhenti dan membiarkan batin ini diam.

Pikiran adalah reaksi memori atas stimuli. Emosi adalah reaksi memori psikologis atas tantangan. Pikiran dan emosi selalu terbatas dan terkondisi, karena ia hanya reaksi atas memori yang juga terbatas dan terkondisi.

Terang kesadaran seharusnya menjadi sumber penggerak hidup kita, bukan pikiran. Ketika kita menjadikan pikiran sebagai sumber utama, maka kita menjadi reaktif dan kehilangan kedalaman hidup.

Keheningan adalah rumah Anda. Kebisingan pikiran adalah dunia di luar rumah Anda. Ingatkan setiap kali pada diri Anda sendiri agar Anda pulang ke rumah setiap kali Anda membutuhkan.

Diam sebelum bicara. Hening sebelum bertindak. Itulah latihan sederhana untuk memutus kebiasaan berpikir yang tidak bermanfaat.

TUGAS HARI INI

Setiap kali kita berhenti sekitar 3 menit setiap satu atau 2 jam, itu disebut peace time.

“Hari ini aku akan mengambil peace time setiap kali batin terasa penat oleh emosi atau pikiran.”

(Bell)

Peace and Blessings