https://anchor.fm/dashboard/episode/edd385

Scheduled for 4/30/2020 at 12:00 am.

Selamat datang di Rumah Keheningan.

Pada setiap Episode, Anda akan menerima panduan meditasi dan tugas harian.

Setelah selesai meditasi bersama, Anda disarankan untuk melanjutkan dengan meditasi mandiri minimal 15 menit.

 

Episode 2: Berlatih Sadar Pasif-Responsif

Mari kita mulai. Anda bisa duduk di kursi atau di lantai. Yang penting nyaman.

Langkah 1:

Mari kita pejamkan mata. Anda juga bisa membuka mata sedikit dan menutup mata sedikit.

Tarik nafas yang dalam lewat hidung dan hembuskan nafas lewat mulut. Sambil menghembuskan nafas, perut bisa dikempiskan dan lepaskan segala ketegangan.

Langkah 2: Sekarang nafas biasa. Nafas masuk hidung dan keluar lewat hidung. Hembusan nafas lebih panjang daripada tarikan nafas. Apabila Anda melakukan ini terus-menerus, secara alamiah Anda akan menjadi relaks. Nafas dengan sendirinya akan menjadi panjang, lembut dan dalam.

Langkah 3: Mari kita bertanya: Apa yang aku rasakan saat ini atau hari-hari ini? Apakah cemas, sedih, galau, bosan, getir, atau cukup tenang? Tidak penting apa yang Anda rasakan. Yang penting adalah cara Anda merasakan.

Rasakan apa yang Anda rasakan. Rasakan tanpa rasa takut. Merasakan sepenuhnya tanpa rasa takut adalah tindakan yang lengkap.

Cecaplah dalam-dalam rasa-perasaan Anda moment ini—seperti kegetiran misalnya. Cecaplah tanpa ingin mengubahnya.

Janganlah menghindar. Bertahanlah.

Janganlah mencoba untuk mencapai suatu keadaan tertentu selain dari apa yang Anda sedang cecap dan rasakan.

Semakin intens Anda mencecap, kegetiran atau kesakitan itu bisa semakin kuat. Tetapi semakin kuat sengat kegetiran atau kesakita, semakin kuat kesadaran Anda. Batin menjadi hidup dan intens, tanpa ketegangan. Di situ terdapat kejernihan, kepekaan, penerimaan, kelegaan.

Merasakan rasa perasaan dengan cara demikian, dengan nyaman, tanpa tegang, akan membawa perubahan yang tidak Anda kehendaki. Di situ terdapat keindahan luhur dan kedalaman pencerahan.

Maka teruslah untuk mencecap-cecap rasa-perasaan Anda. Tanpa mencari apapun yang lain.

Anda bisa melanjutkan latihan ini selama Anda menghendaki.

Apabila Anda merasa cukup, bawalah kedua telapak tangan Anda di dada dan ucapkan di hati  rasa syukur dan terimakasih pada diri Anda dan a lam semesta atas apa yang Anda alami.

 

TUGAS HARI INI: “Sepanjang hari ini setiap satu atau dua jam, aku akan berhenti sekitar 3 menit hanya untuk merasakan rasa perasaanku secara pasif-responsif.”

Pasif, karena aktivitas ini tidak menyertakan kegiatan pikiran; responsive, karena membangkitkan batin yang jernih, hidup, dan kreatif.

(Bell)

Peace and Blessings