Penayangan Video berikut ini adalah upaya memperkenalkan praktik kesadaran kepada kaum awam Katolik penggerak komunitas basis, yang kebanyakan juga awam dalam hal meditasi.

Terdapat tiga judul yang saling berkait:
1) Video pertama berjudul “Soul Connections” (4.14 menit) http://youtu.be/VoxtGwiV9xM. Video ini berisi praktik kesadaran dalam hubungan-hubungan pribadi.
2) Video kedua “Pelayanan Tanpa-Batas” (5.02 menit) http://youtu.be/6yvZ9ZdwaXI. Video ini berisi tentang praktik kesadaran dalam melakukan pelayanan.
3) Video ketiga “Cara Bertindak Penggerak Komunitas Umat Basis” (5.39 menit) http://youtu.be/IMnmX6JgAfs. Video ini berisi praktik kesadaran dalam hidup berkomunitas.

Brother Donny Wardhono, seorang pekerja media, adalah penggagas utama dan sutradaranya. Ia bekerja di belakang layar, tanpa nama. Tanpa beliau, video ini tentu tidak mungkin ada di hadapan Anda.

Awalnya video ini dipersiapkan sebagai bahan animasi untuk pembekalan para pengurus Dewan Paroki Gereja Santa 19-21 September 2014 di Anyer. Oleh Brother Donny, video ini diunggahkan di youtube hari ini, 25 September 2014.

Istilah “kesadaran tubuh” (body consciousness) dan “kesadaran jiwa” (soul conscioussness) adalah istilah kunci dalam Meditasi Raja Yoga. Saya meminjam istilah ini dengan maksud agar mudah dipahami oleh umat Katolik yang kebanyakan awam dalam hal meditasi. Istilah “kesadaran tubuh” saya maksudkan sebagai “kesadaran terbatas dan terkondisi” (consciousness), sedangkan “kesadaran jiwa” saya maksudkan sebagai “kesadaran murni” (pure awareness).

Ide tentang lima tolok ukur pengembangan umat basis pada video yang ketiga, saya ambil dari buku Pancapramana oleh JB Mangunwijaya (Kanisius 2000).

Selamat menikmati.

J. Sudrijanta