Tuntutan mendesak! Bongkar semua dokumen masa lalu tentang capres dan cawapres. Jangan ada yang disembunyikan. Rakyat punya hak untuk tahu. Di bawah ini adalah Copy Paste Surat Prof Dr Franz Magnis-Suseno yang ditujukan kepada pemerintah dan TNI seperti yang dimuat di Kompas, 16 Juni 2014 hal 7.
===

Patut Disesalkan

Pembocoran surat rekomendasi Dewan Kehormatan Perwira Nomor KEP/03/VIII/1998/DKP tentang pemberhentian dengan hormat Prabowo Subianto dari kemiliteran patut disesalkan. Namun, seharusnya, yang patut disesalkan adalah pemerintah/TNI begitu lama berusaha mennyembunyikan surat itu.

Kami, warga negara biasa, berhak mengetahui sepenuhnya latar belakang ataupun masa lalu orang-orang yang menawarkan diri menjadi pemimpin tertinggi bangsa dan negara Indonesia. Masa lalu para capres dan cawapres harus transparan. Tak boleh ada tahap ataupun kejadian yang gelap karena disembunyikan.

Maka, bahwa pemerintah/TNI menyembunyikan surat itu, maaf, lagi-lagi merupakan kesombongan sebuah elite yang menganggap diri lebih tinggi dan lebih berwenang daripada rakyat biasa.

Sudah waktunya kurang dari sebulan sebelum pemilu presiden semua dokumen yang memuat fakta tentang masa lalu dua capres dan dua cawapres kita buka untuk umum. Kami berhak mengetahuinya. Adalah hak kami, dan bukan hak pemerintah/TNI, menentukan bagaimana kami menanggapi masa lalu ataupun fakta tentang masa lalu para calon penguasa kita itu. Jangan pemerintah/TNI mempermainkan masyarakat dibiarkan memilih kucing dalam karung

FRANZ MAGNIS-SUSENO
Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat