Pertanyaan MM:

Bisa minta advice-nya romo?

Saat ini sy dlm kondisi “tdk mengerti” thd tubuh sy. Setiap kali meditasi ada yang mengerang dan mengejang di perut.

Jawaban JS:

Dear MM,

Dalam keheningan meditasi, hal-hal yang tidak tampak di permukaan menjadi tampak, seperti apa yang Anda alami, suara mengerang dan perut mengejang.

Ada dua penjelasan mengapa muncul fenomena seperti yang Anda alami.

Pertama, suara mengerang dan perut mengejang bisa terjadi sebagai manifestasi dari penderitaan di alam bawah sadar yang terkubur dalam-dalam. Fenomena batin tersebut sudah ada, tapi tidak terlihat dalam kesadaran sehari-hari. Hanya dalam keheningan meditasi, fenomena itu tampak.

Anda sudah tahu bagaimana menghadapi fenomena yang pertama ini. Merasakan dengan seluruh jiwa raga tanpa ada diri yang merasa atau menyadari secara total perasaan itu tanpa diri yang menyadari. Anda musti siap untuk menanggungnya, berapa pun lamanya fenomena tersebut berlangsung.

Kemungkinan kedua, fenomena itu bukan berasal dari alam bawah sadar, tetapi dari makhluk (makhluk) dari alam lain yang terkoneksi dengan tubuh. Mengapa terjadi inter-koneksi? Dalam kebanyakan kasus, koneksi dengan makhluk dari alam lain terjadi karena kondisi batin seseorang. Batin yang bersih hampir tidak mungkin terkoneksi dengan makhluk dari alam lain. Kalaupun terkoneksi dengan tubuhnya, batin tidak terganggu sama sekali.

Kalau Anda merasa terganggu, lebih penting menyadari batin Anda, bukan objek rasa sakit atau objek suara yang terdengar. Kalau Anda merasa tidak terganggu, seiring dengan bersihnya kotoran-kotoran batin, maka fenomena tersebut akan lenyap dengan sendirinya.

Memang ada teknik-teknik untuk penyembuhan sakit-penyakit non-medis. Sakit-penyakit ini bisa disebakan oleh interkoneksi tubuh dengan makhluk-makhluk dari alam lain, guna-guna, santhet, dst. Yang begini ini saya tidak menguasai. Kalau Anda mau coba-coba, silahkan.

Jadi saya menyarankan agar Anda memakai fenomena tubuh, suara-suara, rasa perut yang mengejang dan rasa hati Anda untuk memacu Anda dalam praktik penyadaran akan fenomena batin dan membiarkan gerak batin Anda berhenti.

js